Pages

Tuesday, March 12, 2019

Pemanfaatan Ekosistem Hutan untuk Kesehatan Bangsa Indonesia

PEMANFAATAN EKOSISTEM HUTAN UNTUK KESEHATAN BANGSA INDONESIA
Yureta Restu Cania , Laili Farah Lutvia , Samik
Abstrak
Kekayaan alam hayati yang dimiliki Indonesia sangat berlimpah dan beraneka ragam, sehingga disebut negara mega-biodiversity. Akan tetapi , tumbuhan yang digunakan sebagai obat-obatan maupun pestisida ini belum begitu dihargai dan belum terdokumentasi dengan baik. Sampai tahun 2001 Laboratorium Konservasi Tumbuhan , Fakultas Kehutanan IPB telah mendata dari berbagai laporan penelitian dan literatur tidak kurang dari 2039 spesies tumbuhan obat yang berasal dari hutan Indonesia merupakan pabrik keanakaragaman hayati tumbuhan obat, terbentuk secara evolusi dengan waktu yang sangat Panjang , termasuk telah berinteraksi dengan sosio-budaya masyarakat lokalnya.


ISI
Banyak pengatahuan tradisional tentang penggunaan tumbuhan obat dari berbagai etnis telah dikembangkan oleh industry jamu atau produk fitofarmaka yang sangat laku di pasaran , seperti produk merek dagang : fitodiar , prolipid , enkasari , stimuno dan lain-lain. Berdasarkan kelompok familinya , spesies-spesies tumbuhan obat yang ada dapat dikelompokkan menjadi 203 famili, dimana jumlah spesies tumbuhan obat terbanyak termasuk dalam dalam family fabaceae yaitu sebanyak 110 spesies. Secara umum terdapat 22 macam family yang memilik tumbuhan obat lebih dari 20, sedangkan 181 famili family lainnya memiliki jumlah spesies tumbuhan obat kurang dari 20, seperti yang disajikan dalam table berikut
.
no
Nama famili
Jumlah spesies
1.
fabaceae
110
2.
Euphorbiaceae
94
3.
Lauraceae
77
4.
rubiaceae
72
5.
poaceae
55
6.
zingiberaceae
49
7.
moraceae
46
8.
myrtaceae
45
9.
annonaceae
43
10.
asteraceae
40
11.
apocynaceae
39
12.
curcubitaceae
34
13.
piperaceae
30
14.
menispermceae
30
15.
melastomataceae
26
16.
arecaceae
25
17
verbenaceae
23
18.
rutaceae
23
19.
acanthaceae
22
20.
sterculliaceae
21
21.
myristicaceae
21
22.
rhizophoraceae
20
23.
Family lainnya (181)
<20
Salah satu spesies tumbuhan obat penting yang termasuk family Fabaceae adalah spesies

Kedawung. Spesies ini merupakan tumbuhan obat yang strategis dan penting bagi pembangunan kesehatan masyarakat dan bangsa. Pohon ini  terutama bijinya berkhasiat untuk memelihara kesehatan pencernaan masyarakat karena semua penyakit berawal dari proses pencernaan yang terganggu. Pohon obat spesies Kedawung ini sudah lama dikenal dan digunakan oleh masyarakat dari etnis Jawa dan etnis Dayak sebagai obat anti kembung dan penyakit kembung lainnya. Kedawung termasuk satu diantara 30 spesies tumbuhan obat langkan di Indoneswia. Pohon kedawung merupakan pohon raksasa hutan , dan merupakan salah satu jenis pohon yang tertinggi dibandung dengan jenis-jenis pohon-pohon yang lain di hutan.

 

Kesimpulan :
Dengan melestarikan hutan yang ada di Indonesia itu berarti kita sedang melaksanakan hidup sehat untuk diri kita dan masyarakat umum. Manfaatkan hutan Indonesia dengan baik dan tidak berlebihan. Rawat dan manfaatkan sebaik mungkin demi kesehatan diri kita.

Referensi :
Buku IAD Unesa
Utami, Sri dan Haneda, Noor Farikhah. 2010. Pemanfaatan Etnobotani dari Hutan Tropis Bengkulu sebagai
                Pestisida Nabati. Vol.16: hal 143-147.
Zuhud , Evrizal. 2015.  Potensi Hutan Tropika Indonesia sebagai Penyangga Bahan Obat Alam untuk
                Kesehatan Bangsa.
http://www.tanobat.com/kedawung-ciri-ciri-tanaman-serta-khasiat-dan-manfaatnya.html . 5 Maret 2019.

0 comments:

Post a Comment