Pages

Tuesday, March 12, 2019

SEJARAH PERKEMBANGAN MANUSIA


History Of Human Development
Manusia Memiliki Sejarah Dalam Perkembangannya

Greaccela Alda Rahma Dany, Vina Dwi Rohmawati, SAMIK S.Si, M.Si

Abstrak
Studi tentang Perkembangan Manusia Merupakan usaha yang terus berlangsung dan Berkembang. Seiring dengan perkembangannya, studi tentang Perkembangan Manusia Telah Menjadi sebuah Disiplin Ilmu dengan tujuan untuk memahami lebih dalam tentang apa dan bagaiman proses Sejarah Perkembangan Manusia baik secara Kuantitatif maupun Secara Kualitatif. Perintis awal mengenai studi Perkembangan Manusia adalah Baby Biographies , sebuah Jurnal Yang Mencatat perkembangan Awal anak. Kemudian berkembang dengan Munculnya teori evolusi Charles Darwin yang dipublikasikan olehnya pada tahun 1877.

ISI
Memahami Proses Sejarah Perkembangan Manusia baik itu secara Psikologis maupun secara Fisik sangat berguna bagi Pendidik. Dengan Begitu akan menjadi Pertimbangan Pendidik dalam memilih dan memberikan materi pendidikan yang sesuai dengan Tingkat Perkembangan Yang sedang dialami oleh Peserta Didik. Selain itu juga, Dapat memilih metode pengajaran dan penggunaan Bahasa yang sesuai dengan Tingkat Perkembangan Peserta Didik. Pengertian Perkembanga Sendiri Secara umum, perkembangan dapat diartikan sebagai perubahan yang bersifat tetap dan tidak dapat diputar kembali (Werner, 1969). Beberapa psikolog membedakan arti kata ‘pertumbuhan’ dengan ‘perkembangan’, namun beberapa tidak.  Pertumbuhan bisa diartikan sebagai bertambah besarnya ukuran badan dan fungsi fisik yang murni, sedangkan perkembangan lebih dapat mencerminkan sifat yang khas mengenai gejala psikologis yang muncul (Monks, Knoers, Haditono, 1982).



Manusia mengalami Proses Pertumbuhan Dan Perkembangan di dalam setiap Kehidupan Mereka Proses dari Perkembangan Dan Pertumbuhan Manusia Ini juga Dapat diartikan Sebagai Sejarah Perkembangan Manusia Dari Proses awal ketika mereka Dilahirkan Hingga Menjadi Orang Tua. Manusia Mengalami Segala Perubahan Dalam Proses Perkembangannya Baik Proses perubahan Bentuk Tubuh,Pola Pikir, Sifat, Kesukaan dan Berbagai Hal lain. Manusia juga memiliki Perbedaan Dengan Makhluk Lain, Perbedan Tersebut dapat Dilihat Pada Tabel 1.1


Tabel 1.1
Manusia adalah Makhluk hidup yang mempunyai derajat paling tinggi,makhluk hidup Yang berbudi dan berakal. Namun demikian ada Ciri-ciri manusia yang juga dimiliki hewan,misalnya saja Mamalia Memiliki rambut,menyusukan Anak dan mempunyai kelenjar keringat. Sebagai Makhluk Biologis, secara fisik manusia tidak berbeda dengan Hewan Mamalia. Keduanya memiliki Persamaan Persamaan tertentu, antara lain organ Tubuh dan Fugsinya. Jantung, Paru-Paru, Hati dan Usus manusia misalnya,terlihat tidak banyak berbeda dengan Jantung, Paru-paru, Hati dan Usus Hewan mamalia Seperti Kucing dan Kambing. Meskipun terdapat persamaan persamaan seperti yang diuraikan, namun terdapat banyak perbedaan terjadi pada perkembangannya. Tubuh dan Otak Manusia mengalami Proses Evolusi,Berkembang Sesuai dengan Perkembangan Fungsinya.
Banyak Teori yang menjelaskan Mengenai Sejarah Perkembangan Manusia diantaranya Teori dari Jean Piaget yang menjelaskan Perkembangan Manusia Melalui Perkembangan Kognitif Manusia Dari Masa Bayi Hingga Masa Dewasa, Ada Juga Teori Evolusi Charles Darwin yang Menganggap Bahwa Manusia Merupakan Hasil Evolusi dari Makhluk Kera. Namun Banyak Juga Para Ilmuwan Yang Masih Meragukan Teori Evolusi yang Dikemukakan Oleh Charles Darwin.

Ilustrasi Teori Evolusi Charles Darwin

Ilustrasi Perkembangan Manusia Menurut Teori Jean Piaget

Pada hakikatnya Sejak Dilahirkan Di Muka Bumi Ini, Manusia sudah memiliki interaksi dengan alam sekitarnya sehingga Interaksi inilah yang memberikan Pengalaman Rangsangan Terhadap Manusia melalui Pancaindera yang kemudian oleh Manusia dikonstruksikan Menjadi suatu Keingintahuan serta Kemampuan yang membantu mereka dalam Perkembangannya Sehingga Terbentuklah Suatu Evolusi Perkembangan Yang Terwujud Berdasarkan Peangalaman Yang dialami Manusia Melalui Interaksi Mereka dengan Alam Sekitarnya.

Kesimpulan
Hal yang dapat Saya Simpulkan Mengenai Sejarah Perkembangan Manusia Berdasarkan Referensi yang saya Baca adalah Setiap Manusia Mengalami Proses Perkembangan Didalam Kehidupan Mereka, Dimana Setiap Proses Kehidupan Yang dialami oleh Manusia itu merupakan Sejarah Perkembangan Mereka ( Manusia ), segala proses perkembangan yang dialami oleh setiap Manusia berbeda tergantung dari Lingkungan Sekitar mereka akan tetapi semua Manusia mengalami Pertumbuhan Fisik yang Sama.

REFERENSI

Tim FMIPA-UNESA.  2012. SAINS DASAR.  Perkembangan Penalaran Dan Fisik Manusia. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya Unipress.
Muhammad Baitul Alim, Fase Perkembangan Manusia, http://www.psikologizone.com , diakses tanggal 4 Maret 2019
Wibawa Bhima. 2010. Sejarah Perkembangan Manusia. http://bhimashraf.blogspot.com/2010/07/sejarah-perkembangan-manusia.html .  4 Maret 2019
Jhon W. Santrock, Perkembangan Anak, terjemahan Mila Rachmawati dan Anna Kuswanti, ( Jakarta : Erlangga, 2007 )
Prasetijo Budi. 2011. Sejarah Perkembangan Manusia. http://smart-pustaka.blogspot.com/2011/09/sejarah-perkembangan-manusia.html . Diakses Tanggal 4 Maret 2019

0 comments:

Post a Comment