Pages

Saturday, October 5, 2019

Non-renewable Natural Resources and the Importance of Conservation of Natural Resources



Non-renewable Natural Resources and the Importance of Conservation of Natural Resources

Author          : Salsabila Khairunnisa
Reviewer       : Syafrilla Pahlevi Assyura, Dewanti Naga Putri

ABSTRACT
Non-renewable natural resources can only be processed once and cannot be reprocessed like renewable natural resources. Therefore we must not use natural resources that cannot be renewed excessively so as not to run out. Apart from that we as good human beings must also take part in preserving nature around us. With us participating in preserving the natural surroundings means we already care about the environment, because if not us who else will care about the natural surroundings.

CONTENT
1.       Non-renewable Natural Resources
As we can know that natural resources are divided into two sub-sections, namely renewable natural resources and non-renewable natural resources. Non-renewable natural resources are natural resources that cannot be processed anymore such as oil, coal, natural gas, nuclear energy and many more.

One of the natural resources that cannot be renewed and has a large enough radiation is nuclear energy, however many countries have developed nuclear energy for power generation because it is felt that the availability of this energy is very large but requires extraordinary accuracy to manage it into electrical energy .

In addition to nuclear energy, coal is one of the natural resources that can not be renewed and the more days if we take coal with more quantities than they should then it could be sooner or later, coal will run out. Therefore if we want to use it, then use it sufficiently so that non-renewable natural resources will still have their availability in nature.

2.      Conservation of Natural Resources
To support the availability of natural resources in this beloved country, it would be better if we can process the existing natural resources. An example that we can take is for example how we can preserve forests in Kalimantan which we can know that lately there has been a forest fire that is eliminating forests in Kalimantan, therefore we as humans must know and can take steps on how the forest can it still exist after the usual wild forest fires? However, in any case, there will definitely be a way out. Therefore, if we want the forest to continue to exist, we must replant it as a form.


In addition, the management of biological natural resources has several principles, namely:
1. The principle of tolerance
In this principle of tolerance it is hoped that biological natural resources remain available and it is very important for us to be able to check the condition of the environment around us.
2. The principle is inoptimum
In the principle of inoptimum all living natural resources develop in one environment.
3. The principle of controlling factors
In the principle of controlling factors there are physical influences that distinguish natural resources from one another.
4. The principle of non-reversal
In this principle of irreversibility, biological resources cannot renew themselves caused by physical and biological processes.
5. The principle of cultivation.
In this principle of cultivation, biological resources have been cultivated by humans for a long time but can still develop well.

Conservation of Natural Resources must be carried out by everyone in this country so that our natural resources are well preserved. One of the things we can do to preserve natural resources is to replant and reforest trees. As we can know that recently some forests in Kalimantan have just experienced a forest fire so we have to plant trees and reforest so the Kalimantan forests can return to how they used to be.

CONCLUSION
Non-renewable natural resources cannot be used more than once such as coal, nuclear energy and others. Therefore we as humans must be able to save money for the availability of natural resources in this country. To support it all, we must also be able to preserve the natural world around us, so that we can still breathe oxygen well because as we can see today that carbon dioxide is already abundant on earth, so let's all preserve this nature.

Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui dan Pentingnya Pelestarian Sumber Daya Alam

ABSTRAK
Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui hanya dapat diolah satu kali saja dan tidak dapat diolah kembali seperti sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Maka dari itu kita tidak boleh menggunakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui secara berlebihan agar tidak habis. Selain itu kita sebagai manusia yang baik juga harus ikut melestarikan alam yang ada di sekitar kita. Dengan kita ikut serta melestarikan alam sekitar berarti kita sudah peduli dengan lingkungan, karena jika bukan kita siapa lagi yang akan peduli dengan alam sekitar.

ISI
1.       Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui
Seperti yang dapat kita ketahui bahwa sumber daya alam terbagi menjadi dua sub bagian yaitu Sumber Daya Alam yang dapat Diperbaharui dan Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui. Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui adalah sumber daya alam yang tidak dapat diolah lagi seperti minyak bumi, batu-bara, gas bumi, energi nuklir dan masih banyak lagi.


Salah satu sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dan memiliki radiasi yang cukup besar adalah energi nuklir, walaupun demikian banyak negara yang sudah mengembangkan energi nuklir untuk tenaga pembangkit listrik karena dirasa ketersediaan energi ini sangat besar namun membutuhkan ketelitian yang luar biasa untuk mengelolanya menjadi energi listrik.

Selain energi nuklir, batu bara merupakan salah satu sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dan semakin hari jika kita mengambil batu bara dengan jumlah yang lebih banyak dari yang seharusnya maka bisa jadi cepat atau lambat, batu bara akan mengalami kehabisan. Maka dari itu apabila kita hendak menggunakannya, maka gunakanlah secukupnya agar sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui tetap memiliki ketersediaanya di alam.

2.       Pelestarian Sumber Daya Alam
Untuk menunjang ketersediaan sumber daya Alam di negeri yang tercinta ini maka akan lebih baik apabila kita dapat mengolah sumber daya alam yang ada saat ini. Contoh yang dapat kita ambil adalah misalnya bagaimana kita dapat melestarikan hutan-hutan di kalimantan yang dapat kita kegahui bahwa akhir-akhir ini terjadi kebakaran hutan yang melenyapkan hutan-hutan di kalimantan, maka dari itu kita sebagai manusia harus mengetahui dan bisa mengambil langkah bagaimana hutan tersebut bisa tetap ada setelah terjadi kebakaran hutan yang liar biasa? Namun, dalam hal apapun pasti akan ada jalan keluarnya. Maka dari itu, apabila kita ingin hutan tersebut tetap ada lagi maka kita harus melakukan penanaman kembali sebagai bentuk kepedulian kita sebagai manusia untuk lingkungan sekitar. 


Selain itu pengelolaan sumber daya alam hayati memiliki beberapa prinsip, yaitu :
1.      Prinsip daya toleransi
Dalam prinsip daya toleransi ini diharapkan bahwa sumber daya alam hayati tetap tersedia dan sangat penting bagi kita untuk dapat mengecek kondisi lingkungan di sekitar kita.
2.      Prinsip inoptimum
Dalam Prinsip inoptimum semua sumber daya alam hayati berkembang dalam satu lingkungan.
3.      Prinsip faktor pengontrol
Dalam prinsip faktor pengontrol terdapat adanya pengaruh fisik yang membedakan sumber daya alam yang satu dengan yang lainnya.
4.      Prinsip ketanpabalikan
Dalam prinsip ketanpabalikan ini sumber daya hayati tidak dapat memperbaharui diri lagi yang disebabkan oleh proses fisis dan proses biologis.
5.      Prinsip pembudidayaan.
Dalam prinsip pembudidayaan ini sumber daya hayati telah dibudidaya oleh manusia dalam jangka waktu yang lama namun tetap dapat berkembang dengan baik.

Pelestarian Sumber Daya Alam harus dilakukan setiap orang yang ada di negeri ini agar sumber daya alam kita tetap terjaga dengan baik. Hal-hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga sumber daya alam saat ini salah satunya dengan penanaman pohon kembali dan penghijauan. Seperti yang dapat kita tahu bahwa baru-baru ini beberapa hutan yang ada di kalimantan baru saja mengalami kebakaran hutan jadi kita harus melakukan menanaman pohon kembali dan penghijauan agar hutan kalimantan dapat kembali seperti dahulu lagi.

KESIMPULAN
Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui tidak akan bisa digunakan lebih dari satu kali seperti batu-bara, energi nuklir dan lainnya. Maka dari itu kita sebagai manusia harus bisa berhemat demi ketersediaan sumber daya alam di negeri ini. Untuk menunjang itu semua maka kita juga harus bisa melestarikan alam yang ada di sekitar kita, agar kita tetap bisa menghirup oksigen dengan baik karena seperti yang dapat kita lihat saat ini bahwa karbondioksida sudah banyak ada di bumi, maka mari kita semua melestarikan alam ini.

REFERENSI
1. Sumber dari Jurnal :
 a.  Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (JPSL) Vol 5, No 2 (2015)
KEANEKARAGAMAN HAYATI FLORA DI INDONESIA
Kusmana, Cecep ( Departemen Silvikultur, Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor)
Hikmat, Agus ( Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata, Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor)
b.  Jurnal PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM BERBASIS KELEMBAGAAN LOKAL Oleh: Hidayat Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan
c.  JURNAL WILAYAH DAN LINGKUNGAN P-ISSN: 2338-1604 dan E-ISSN: 2407-8751 Volume 5 Nomor 2, Agustus 2017. Pemanfaatan sumber daya alam pada kawasan rawan bencana untuk kegiatan pariwisata. Pemanfaatan Sumber Daya Alam pada Kawasan Rawan Bencana untuk Kegiatan Pariwisata
2. Sumber dari Buku :
a. UNESA-TIM FMIPA.2012.Sains Dasar.Edisi Kedua,Surabaya:Unesa University Press.




0 comments:

Post a Comment