Pages

Saturday, October 5, 2019

PERKEMBANGAN FISIK MANUSIA



BAB II
Perkembangan Fisik Manusia

Writer : Aprilia Ayu Kusuma Dewi
Reviewer : Kiky, Reva, Samik.

ABSTRACT
Development of human is a process of maturity that cannot be measured but can be seen or marked, a person's physical development stage can be marked by several changes in a person's physical and attitude. Physical growth which is a characteristic of a child has developed into a teenager. The process of growth in the shape of the human body is experienced with changes that are gradual, starting from the mother's womb, the period after birth until adolescence or adulthood. The shape of the human body undergoes regular and systematic changes from birth to adulthood. The period of growth in childhood is very fast, but when it goes to adolescence the growth that will be experienced is fairly slow. Changing the physical appearance of humans is seen at puberty, physical development experienced by men and women are very different because they have different roles in their daily lives.
Keywords: Physical development of human (male and female)

Human Physical Development (Men and Women)
Development etymologically means becoming more perfect, personal, thought and knowledge. In the process of human physical development not only increases body size but also mental development increases. Human development starts from simple cell shapes at conception to very complex cell shapes. Starting with the results of fertilization from sperm and egg cells and become zygotes. The zygote will develop into a fetus inside the uterus, human development also occurs in the uterus such as physical and mental development of human. Human growth is very fast when in childhood into adolescence, but will run very slowly when human development is at a stage toward maturity. Development is a process towards maturity which is marked by several changes in a person's physical and attitude. Development in humans is obtained by the many experiences of a person. The development experienced by men or women also different signs. The characteristics of physical development of men and women, namely:
pertumbuhan dan perkembangan manusia.png

1.      Development in men
Men experience changes in physical form during puberty. Specific characteristics of the development of young men are as follows:
a.       Sperm cell production.
Sperm are male sex cells that are shaped like tadpoles. Sperm will be produced by the testes in the tens of millions of sperm every day. When a teenage boy experiences a wet dream it is caused by excessive sperm production. Sperm fluid will be removed from the testicular sac that is full.
b.      Muscles become strong and the chest looks broad
As a teenager, the muscles in men are stronger, also fuller and more shaped. Physical changes that occur in adolescent boys are experiencing changes in shape on the chest, shoulders will widen and form the plane.
c.       Growing Adam's apple
The growth of Adam's apple makes the sound in men become bigger. This is what makes development in men visible because of changes in male voice that sounds heavy and large when entering puberty.
d.      Grow a mustache and beard
Body changes in men are also seen with the growth of a mustache that grows in the area of ​​the lips and beards that grow around the chin.




2.      Development in Women
Physical changes in women at puberty are different from physical changes in men, which are as follows:
a.       The production of eggs is characterized by menstruation.
Menstruation is the discharge of blood from the vagina. Blood is caused by the decay of the uterine lining inside. Every month the ovaries produce eggs that are ripe and ready to be fertilized. Menstrual cycles repeat once every 28 to 36 days and therefore during menstruation the lower abdomen will feel pain.
b.      Breast growth
Physical changes are also seen in women's breasts that will grow prominently and enlarge in adolescence. When you are an adult and giving birth to a woman's breasts will produce milk (ASI). The milk needed by babies is very good for their development and brain.
c.       Widening hips
Changes that occur in the physical female is the widening of the hips. Wide hips will make it easier during childbirth. In addition, fine hairs will grow in certain women.









BAB II
Perkembangan Fisik Manusia

Writer : Aprilia Ayu Kusuma Dewi
Reviewer : Kiky, Reva, Samik.

ABSTRAK
Perkembangan merupakan suatu proses kedewasaan yang tidak dapat diukur namun dapat dilihat atau ditandai, tahap perkembangan fisik seseorang dapat di tandai dengan beberapa perubahan pada fisik dan sikap seseorang.Pertumbuhan fisik yang merupakan ciri seorang anak sudah berkembang menjadi remaja. Proses pertumbuhan bentuk tubuh manusia yaitu dialami dengan perubahan yang sedikit demi sedikit, dimulai dari masa rahim ibu,masa setelah dilahirkan sampai dengan masa remaja ataupun dewasa. Bentuk tubuh manusia mengalami perubahan yang teratur dan sistematis dari sejak dilahirkan hingga dewasa. Masa pertumbuhan pada masa anak-anak sangat cepat, tetapi ketika sudah beranjak ke remaja pertumbuhan yang akan dialami terbilang cukup lambat. Perunahan bentuk fisik manusia terlihat pada masa pubertas, perkembangan fisik yang dialami laki-laki dan perempuan sangat berbeda dikarenakan mereka mempunyai peran yang berbeda dalam kehidupan seharinya.
Kata kunci : Perkembangan fisik manusia (laki-laki dan perempuan)

Perkembangan Fisik Manusia (Laki-Laki dan Perempuan)
Perkembangan secara etimologi berarti menjadi bertambah sempurna, baik pribadi, pikiran dan pengetahuan seseorang. Didalam proses pengembangan fisik manusia tidak hanya meningkatkan ukuran badan tetapi juga perkembangan mental yang meningkat. Perkembangan manusia dimulai dari bentuk sel yang sederhana pada saat pembuahan hingga  ke bentuk sel yang sangat kompleks. Dimulai dengan hasil pembuahan dari sperma dan sel telur dan menjadi zigot. Zigot akan berkembang menjadi janin yang berada didalam rahim, perkembangan manusia juga terjadi didalam rahim seperti perkembangan fisik dan mental manusia. Pertumbuhan manusia sangat cepat ketika pada masa anak-anak menuju remaja, tetapi akan berjalan sangat lambat ketika perkembangan manusia pada tahap menuju kedewasaan. Perkembangan menupakan suatu proses menuju kedewasaan yang ditandai dengan beberapa perubahan pada fisik dan sikap seseorang. Perkembangan pada manusia didapat dengan banyaknya pengalaman seseorang. Perkembangan yang dialami oleh laki-laki ataupun perempuan juga berbeda tandanya. Ciri-ciri perkembangan fisik laki-laki dan perempuan, yaitu:

pertumbuhan dan perkembangan manusia.png

1.      Perkembangan pada laki-laki 
Laki-laki mengalami perubahan bentuk fisik pada masa pubertas. Ciri- ciri khusus perkembangan remaja pria adalah sebagai berikut:
a.       Diproduksinya sel sperma.
Sperma adalah sel kelamin jantan yang berbentuk seperti kecebong. Sperma akan diproduksi oleh testis sejumlah puluhan juta sperma setiap harinya. Ketika seorang remaja laki-laki mengalami mimpi basah itu disebabkan oleh produksi sperma yang berlebihan. Cairan sperma akan dikeluarkan dari kantung testis yang telah penuh.
b.      Otot menjadi kuat dan dada terlihat bidang
Ketika remaja, otot pada laki-laki semakin kuat, juga berisi dan lebih berbentuk. Perubahan fisik yang terjadi pada remaja laki-laki yaitu mengalami perubahan bentuk pada bagian dadanya, bahunya akan melebar dan berbentuk bidang.
c.       Tumbuh Jakun
Tumbuhnya jakun membuat suara pada laki-laki menjadi lebih besar. Ini yang membuat perkembangan pada laki-laki terlihat karena perubahan suara laki-laki yang terdengar berat dan besar ketika memasuki masa pubertas.
d.      Tumbuh kumis dan jenggot
Perubahan tubuh pada laki-laki juga terlihat dengan tumbuhnya kumis yang tumbuh diarea atas bibir dan jenggot yang tumbuh disekitar dagu.












2.      Perkembangan pada Perempuan
Perubahan fisik pada perempuan pada masa pubertas berbeda dengan peribahan fisik pada laki-laki, yaitu sebagai berikut :
a.       Diproduksinya sel telur ditandai dengan terjadinya menstruasi.
Menstruasi adalah keluarmya darah dari vagina. Darah terjadi akibat meluruhnya dinding rahim sebelah dalam. Setiap bulannya ovarium menghasilkan sel telur yang telah matang dan siap dibuahi. Siklus menstruasi berulang setiap 28 hingga 36 hari sekali dan oleh karena itu disaat menstruasi perut bagian bawah akan merasa sakit.
b.      Pertumbuhan payudara
Perubahan fisik yang juga terlihat yaitu pada payudara perempuan yang akan tumbuh menonjol dan membesar pada masa remaja. Disaat sudah dewasa dan melahirkan payudara perempuan akan menghasilkan air susu (ASI). ASI yang dibutuhkan oleh bayi sangat baik untuk perkembangan dan otaknya.
c.       Melebarnya pinggul
Perubahan yang terjadi pada fisik perempuan yaitu mulai melebarnya pinggul. Pinggul yang lebar akan mempermudah pada waktu proses melahirkan. Selain itu akan tumbuh rambut-rambut halus pada beberapa tertentu perempuan.








Sources :
·         Book :
Tim FMIPA UNESA. 2012. Sains Dasar. Edisi kedua. Surabaya: Unesa University Press.

·         Websites :
2.      Magdalena, Maria. 2017. Perkembangan FisikManusia. (Online).

0 comments:

Post a Comment