Pages

Saturday, October 5, 2019

PERKEMBANGAN PERADABAN MESOPOTAMIA HINGGA REVOLUSI INDUSTRI



Penulis : Rachmah Shofiatul Aidah(18020084057)
Reviewer : Melina, Adhilla, Samik

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

Abstak
Teknologi sudah dimulai sejak zaman batu hingga seterusnya. Dimulai dari hal yang begitu sederhana sampai teknologi terbaru saat ini. Pola pikir serta kecerdasan manusia banyak berkembang setelah menganalisa lingkungan sekitarnya sehingga tumbuhlah ide dan keinginan untuk menciptakan suatu usaha yang dapat mempermudah kehidupan. Perkembangan teknologi tersebut dibedakan berdasarkan waktu serta kemajuan teknologi yang sudah di ciptakan.
Kata kunci : Teknologi

MASYARAKAT LEMBAH SUNGAI TIGRIS DAN EUFRAT (MESOPOTAMIA) (3000 SM)
            Mesopotamia berasal dari bahasa Yunani dari kata “Mesos (Tengah)” dan Patmos (Sungai), yang artinya “daerah diantara sungai-sungai”. Sungai yang dimaksud adalah sungai Trigis dan sungai Eufrat.
Kawasaan di lembah sungai Eufrat dan Tigris di bagi secara alami menjadi dua kawasaan yaitu Mesopotamia atas dan Mesopotamia bawah (Babilonia). Pada zaman dahulu Mesopotamia atas memiliki dua pusat peradaban utama, satu berada diwilayah Eufrat atas dan pusat yang lama terletak dimuara Zab (sungai Tigris atas). Mesopotamia bawah yang merupakan situs bangsa Sumeria dan Akkadia, secara alami juga terbagi menjadi bagian utara dan selatan. Bagian utara terpusat disekitar Babillon, sedang bagian selatan terpusat di kota-kota Sumeria seperti Lama, Esidu, dan Ur.
Kesuburan tanah mendatangkan manusia untuk bertempat tinggal mesopotamia dengan mata pencahariannya adalah bercocok tanam. Pada masa ini pertanian sudah cukup maju terbukti dengan mereka sudah membangun bendungan dan telaga buatan untuk irigasi pertanian yang rapi. Hasil pertanian berupa gandum, kapas, anggur, jeruk dan pisang. Dari kondisi tersebut, muncul peradaban, bahkan para ahli mempercayai bahwa mesopotamia adalah tempat asalnya peradaban manusia di dunia.
Bangsa Ubaid adalah bangsa pertama yang mendiami daerah tersebut pada tahun 5000 SM dengan ditandai munculnya kota Kish, Eridu dan Ur. Kedatangan bangsa Sumeria pada tahun 3000 SM membaur dengan bangsa Ubaid, lalu membangun sebuah kota dengan rumah-rumah yang dibuat dari lumpur dan tanah liat.

Peradaban Mesopotamia telah memperlihatkan keunggulan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, sejak didiami oleh bangsa Sumeria (tahun 3000 SM). Keunggulan-keunggulan tersebut tampak dalam bidang-bidang berikut :
         Bidang arsitektur, orang Sumeria membangun kotanya menurut tata aturan kota yang terencana. Bangunan umumnya terbuat dari batu bata dan tanah liat.
         Kemampuan mengolah logam, dari pengolahan logam dihasilkan cermin, tongkat-tongkat, kapak, dan perlengkapan senjata lainnya. Mereka juga pandai membuat pakaian lenan, perkakas dari tembikar dan tembaga, serta perhiasan dari emas.
         Bidang ilmu pengetahuan, Ashurbanipal, pemimpin Assyria, membangun perpustakaan tertua di dunia.
         Mesopotamia pada zaman Babylonia (Baru) terkenal dengan “taman gantung”, yang kemudian menjadi salah satu keajaiban dunia
         Kewujudan Sistem Tulisan Sistem pendidikan telah melahirkan juru tulis, Epik Gilgamesh merupakan hasil kesusasteraan yang tertua di dunia serta mengandungi falsafah dan cara hidup orang Mesopotamia.
         Perkembangan ilmu astronomi, Perkembangan ilmu matematik dan geometri, Menggunakan jalan laut, menciptakan kalender berdasarkan sistem solar yang mengandungi 12 bulan dalam satu tahun.
         Perkembangan ilmu perobatan, Kerajaan Assyria mementingkan kesihatan anggota tenteranya 500 jenis 0bat-0batan termasuk herbal dan ramuan perobatan, serta cara mengobati.

MASYARAKAT YUNANI (2000 SM)
            Di bidang pengetahuan dan teknologi, bangsa ini telah mampu membuat perahu layar yang ramping untuk menghubungkan laut tengah dan daratan Yunani serta pantai timur laut sicilia, barang-barang tanah liat dan logam, karya arsitektur yang megah seperti kuil Zeus, kuil Parthenon dan Gedung teater raksasa.
            Filsafat Yunani yang terkenal yaitu menggunakan metode berpikir logis atau rasional dan sistematis. Cara penyelidikan terhadap gejala alam sampai sekecil-kecilnya dengan metode ilmiah. Filsafat ini memberi hasil nyata dalam ilmu sains dan ilmu social. Selain itu, Yunani terkenal dengan pesta olahgraganya di gunung Olympus yang sekarang dengan pesta olahraga internasional Olympiade.
Selanjutnya, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada peradaban Yunani antara lain :
1.      Membuat barang – barang dengan bahan dasar tanah liat.
2.      Membuat perahu layar untuk mengarungi lautan tengah.
3.      Menghasilkan berbagai karya arsitektur.
4.      Melakukan pengembangan terhadap industri guna menunjang perdagangan.
5.      Menciptkan benda – benda dari logam seperti alat – alat perang.

    MASYARAKAT LEMBAH SUNGAI KUNING (221 SM)
Pada masa pemerintahan Dinasti Chou, filsafat Cina berkembang dengan pesat karena lahirnya tiga ahli filsafat Cina, yaitu Lao Zi, Kong Fu Zi (Kong Hu Cu), dan Mengzi. Lao Zi menuliskan ajarannya dalam buku berjudul Tao Te Ching. Beliau menjunjung tinggi semangat keadilan dan kesejahteraan yang kekal dan abadi yang dinamakan Tao. Ajaran Lao Zi disebut Taoisme dan mengajarkan manusia untuk menerima nasib. Ajaran Kong Fu Zi juga berdasarkan pada Taoisme sedangkan ajaran kong fu zi sendiri disebut “confusianisme”. Menurut Kong Fu Zi, Tao adalah kekuatan yang mengatur alam semesta ini hingga tercapai keselarasan. Penganut ajaran Taoisme meyakini bahwa bencana yang terjadi di muka bumi merupakan akibat dari ketidakpatuhan manusia pada aturan Tao. kong fu zi juga mengajarkan untuk mengutamakan tradisi dan kebiasaan para leluhur, dan mengutmakan akhlak yang baik. Ajaran Kong Fu Zi yang mencakup bidang pemerintahan dan keluarga telah memberikan pengaruh yang begitu besar bagi masyarakat Cina karena memengaruhi cara berpikir dan sikap hidup sebagian besar bangsa Cina. Menurut Kong Fu Zi, masyarakat terdiri dari keluarga dan dalam keluarga seorang bapak merupakan pusatnya. Oleh karena itu raja harus memerintah dengan baik dan bijaksana serta rakyat harus hormat dan taat pada raja seperti hubungan bapak dan anak yang seharusnya. Jika kaisar mermerintah dengan buruk, maka rakyat mempunyai hak untuk memberontak, demikian pula jika kaisar tidak memperhatikan kesejahteraan rakyat. Lain halnya dengan Kong Fu Zi, Meng Zi yang merupakan murid Kong Fu Zi mengajarkan pengetahuan kepada rakyat jelata dan menurut ajarannya, rakyatlah yang terpenting dalam suatu negara.
Masyarakat Cina kuno memiliki banyak ahli astronomi (ilmu perbintangan) yang dapat membantu masyarakat dalam pembuatan sistem penanggalan. Berkembangan ilmu astronomi merupakan dasar dari berbagai aktivitas kehidupan bangsa Cina karena sistem pertanian, pelayaran, dan usaha lainnya memerlukan informasi tentang pergantian dan perputaran musim. Perkembangan teknologi masyarakat Cina kuno terlihat dari pembuatan barang-barang perdagangan seperti barang tambang dan hasil olahannya berupa perabot rumah tangga, senjata, perhiasan, dan alat pertanian. Cina kaya akan barang tambang seperti batu bara, besi, timah, emas, wolfram, dan tembaga.
Cina mengalami kejayaan pada masa Dinasti Han yang berhasil mempersatukan Cina. Pada masa Dinasti Han ini juga telah ditemukan Kertas [ki]
Selain itu bagsa Cina juga telah pandai dalam ilmu astronomi dan ilmu hitung.
Pada masa pemerintahan Dinasti Chin terjadi kemajuan dalam system pertanian, pada masa ini sudah mengenal system irigasi yang baik dan rapi, pupuk untuk menyuburkan tanaman, pengaturan waktu bercocok tanam. Selain itu, mereka juga sudah mengenal peralatan dan perhiasan dari emas, perak perunggu, besi dan wolfram.

MASYARAKAT ROMAWI (31-476 SM)
            Sarjana-sarjana bangsa Romawi bukan hanya sebagai sarjana pencipta teori, tetapi juga sebagai sarjana pelaksana dari teori yang diciptakan oleh orang-orang Yunani. Mereka tidak menerima empiris secara pasif tetapi terus dikaji menggunakan metode ilmiah. Perkembangan Sains dan Teknologi berkembang pesat, sebagai berikut : Pengetahuan seni bangunan sangat berjasa karena mereka dengan penelitiannyayang serius berhasil menemukan beton untuk membangun bangunan yang kokoh dan kuat. Perkembangan Teknik sipil dan arsitektur sangat pesat, mereka mempunyai pengetahuan dan Teknik pembuatan jalan, jembatan, saluran air yang masih ada sampai sekarang. Pengetahuan di bidang hokum dan tata negara, pengetahuan di bidang militer, dan pengetahuan di bidang pemerintahan.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mengalami kemajuan pada zaman kekuasaan Romawi, yaitu sebagai berikut.
1.      Pengetahuan seni bangunan sangat berjasa karena mereka berhasil menemukan beton untuk membangun bangunan yang kokoh dan kuat seperti kubah yang membentuk setengah bola.
2.      Pengetahuan dan teknik pembuatan jalan, jembatan, saluran air, pembuangan air dalam kota, yang masih digunakan sampai sekarang.
3.      Pengetahuan dan kemampuan mengorganisasi dalam bidang kemiliteran. Istilah-istilah militer Romawi masih digunakan hingga sekarang seperti legion, divisi, pasukan kaveleri, dan lain-lain.
4.      Dalam bidang hukum bangsa Roma telah memiliki norma-norma kehidupan hukum yang bersumber pada kesetiaan warga negara.
5.      Pengetahuan  dalam bidang pemerintahan. Untuk mencapai tingkat keberhasilan pelaksanaan pemerintahan digunakan beberapa sendi-sendi seperti berikut ini.
       Pemusatan kekuasaan di tangan kaisar.
       Peraturan pemerintahan pusat ditaati dalam pelaksanaannya.
       Pelaksanaan ketertiban dan keamanan secara ketat.
       Komunikasi antara pusat dan daerah terpelihara baik ketat adanya jalan yang bagus.
       Tata organisasi kemiliteran seperti persenjataan, disiplin, dan sikap setia kepada negara ditanamkan dari awal.

REVOLUSI INDUSTRI :
            Pada zaman ini sains berkembang pesat seiring dengan bergerak majunya ilmu pengetahuan. Penelitian-penelitian terus dilakukan untuk perubahan dalam rangka meningkatkan kenyamanan dan kesejahteraan hidup. Revolusi industry merupakan suatu istilah yang menandai perubahan yang radikal dan cepat terhadap perkembangan kemampuan manusia dalam menciptakan peralatan kerja untuk meningkatkan hasil produksi. Peralatan yang digunakan memakai sitem ban berjalan atau “running the belt” dan dijalankan dengan mesin mekanik. Selain dukungan modal yang besar serta tenaga buruh yang murah serta daerah pemasaran yang luas. Revolusi industri terbagi menjadi 4 era, yaitu :
  1. Revolusi industri 1.0
Periode ini berlangsung sekitar akhir abad ke-18 hingga awal abad ke-19. Era ini ditandai dengan mekanisasi berbagai kegiatan dan bergesernya aktivitas pertanian ke industrialisasi dan manufaktur, khsusunya di wilayah Britania dan Eropa pada umumnya. Perubahan tersebut dimulai sejak ditemukannya mesin uap pada tahun 1700an. Pada masa tersebut, mesin uap terus berkembang dari yang paling sederhana, hingga mesin uap yang lebih efisien, temuan James Watt pada 1776.
  1. Revolusi industri 2.0
Ini Perkembangan Inovasi Teknologi Penanda 4 Periode Revolusi Industri Berlangsung pada 1870-1914, era ini dikenal juga dengan periode ilmu pengetahuan dan produksi masal. Produksi dalam jumlah besar didorong oleh berbagai teknologi yang mempersingkat kegiatan manufaktur. Temuan-temuan pada masa ini merupakah buah dari diterapkannya sains secara aplikatif. Teknologi yang menjadi pijakan periode revolusi industri 2.0 antara lain:
1.      Mulai ditemukannya sumber energi baru listrik, gas dan minyak bumi;
2.      Berkembangnya sintesis kimia yang berdampak pada penemuan kain sintetis, pewarna, dan pupuk kimia;
3.      Telegram dan telepon menggeser cara manusia berkomunikasi jarak jauh;
4.      Penemuan automobile dan pesawat pada awal abad ke-20 mengubah cara manusia berpindah dari satu tempat ke tempat lain;
5.      Teknologi conveyor belt yang menjadi pemicu produksi masal kian meningkat.

  1. Revolusi industri 3.0
Pada revolusi industri 3.0, industri manufaktur tidak lagi hanya berpusat pada manusia. Masa ini disebut juga dengan era digitalisasi. Dimulai dari paruh kedua abad ke-20. Revolusi ditandai dengan berbagai penemuan, seperti energi baru nuklir dan beberapa hal berikut ini:
1.      Perkembangan berbagai teknologi elektronik seperti semi koduktor, transistor, mikroprosesor, integrated chip yang membuat komputer berukuran semakin kecil, seperti komputer rumahan, laptop, dan handphone;
2.      Mengubah teknologi analog ke bentuk digital, misalnya pada perekam musik yang semula kaset ke bentuk CD;
Teknologi-teknologi tersebut memicu penemuan baru di bidang bioteknologi dan penelitian luar angkasa; Produksi industri tiba pada masa otomasi sehingga tenaga manusia tidak lagi mendominasi. Pada masa ini juga ditemukan kontrol logika terprogram, robotik dan internet.

  1. Revolusi industri 4.0
Revolusi industri 4.0 tiba di depan mata. Setiap masa revolusi bergantung pada temuan teknologi pada revolusi industri sebelumnya. Revolusi Industri 4.0, teknologi internet kian berekembang. Berbagai perangkat dapat terhubung secara global.

Sources :

  1. Burhanudin, Afid. (01 oktober 2019) Tentang Sejarah perkembangan ilmu pada masa yunani kuno. Diambil kembali dari : https://afidburhanuddin.wordpress.com/2014/05/17/sejarah-perkembangan-ilmu-pada-masa-yunani-kuno-8/
  2. Unknown. (29 september 2019) Tentang Sejarah peradaban sungai eufrat. Diambil kembali dari : https://www.materisma.com/2014/04/sejarah-peradaban-lembah-sungai-eufrat.html?m=0
  3. Unknown. (29 september 2019) Tentang Peradaban lembah sungai eufrat dan tigris. Diambil kembali dari :https://ensiklopediapribadi.wordpress.com/2013/04/21/peradaban-lembah-sungai-eufrat-dan-tigris/amp/
  4. Unknown. (29 september 2019) Tentang Peradaban lembah sungai kuning. Diambil kembali dari :https://ensiklopediapribadi.wordpress.com/2013/04/28/peradaban-lembah-sungai-kuning-cina/amp/
  5. Unknown. (01 oktober 2019) Tentang Perkembangan teknologi pada revolusi industi. Diambil kembali dari :https://tugassekolah.co.id/2017/05/ilmu-pengetahuan-dan-teknologi-pada.html
  6. Tim FMIPA. 2012. Sains Dasar. Surabaya: UNESA UNIVERSITY PRESS.

     

                                         TECHNOLOGICAL DEVELOPMENT                              
                                                                  Abstract

Technology has started from the stone age onwards. Starting from something so simple to the latest technology today. The mindset and intelligence of many people develop after analyzing the surrounding environment so that ideas and desires grow to create a business that can facilitate life. The development of technology is distinguished by time and technological advances that have been created.
Keywords: Technology

TIGRIS AND EUPHRATES (MESOPOTAMIA) RIVER VALLEY COMMUNITIES (3000 BC)
Mesopotamia comes from the Greek words "Mesos (Middle)" and Patmos (River), which means "the area between rivers". The river in question is the river Trigis and Euphrates river. Areas in the Euphrates and Tigris rivers are divided naturally into two regions, namely upper Mesopotamia and lower Mesopotamia (Babylon). In ancient times the upper Mesopotamia had two major centers of civilization, one in the upper Euphrates region and the old center located in the Zab estuary (upper Tigris river). Lower Mesopotamia which is the site of the Sumerians and Akkadian people, naturally also divided into northern and southern parts. The north is centered around Babillon, while the south is centered in Sumerian cities such as Lama, Esidu, and Ur.
Soil fertility brings people to live in Mesopotamia with their livelihoods is farming. At this time agriculture was quite advanced as evidenced by their already building dams and artificial ponds for neat agricultural irrigation. Agricultural products such as wheat, cotton, grapes, oranges and bananas. From these conditions, emerged civilization, even experts believe that mesopotamia is the origin of human civilization in the world.
The Ubaid Nation was the first nation to inhabit the area in 5000 BC with the appearance of the cities of Kish, Eridu and Ur. The arrival of the Sumerians in 3000 BC mingled with the Ubaid people, then built a city with houses made of mud and clay.
Mesopotamian civilization has demonstrated excellence in science and technology, since it was inhabited by the Sumerians (3000 BC). These advantages appear in the following areas:
1.      In the field of architecture, the Sumerians built their city according to planned city rules. Buildings are generally made of brick and clay.
2.      The ability to process metal, from the processing of metal produced mirrors, sticks, axes, and other weapons equipment. They are also good at making linen clothing, pottery and copper utensils, and gold jewelry.
3.      In the field of science, Ashurbanipal, leader of Assyria, built the oldest library in the world.
4.      Mesopotamia in Babylonia (New) era was famous for its "hanging gardens", which later became one of the wonders of the world
5.      The Existence of the Writing System The education system has given birth to a clerk, the Gilgamesh Epic is the oldest literary product in the world and contains the philosophy and way of life of Mesopotamians.
6.      The development of astronomy, the development of mathematical science and geometry, using the way of the sea, creating a calendar based on the solar system that contains 12 months in one year.
7.      The development of medical science, the Kingdom of Assyria concerned with the health of members of the army 500 types of drugs including herbs and medicinal herbs, and how to treat


GREEK SOCIETY (2000 BC)
In the field of knowledge and technology, this nation has been able to make sleek sailboats to connect the Mediterranean sea and mainland Greece and the northeast coast of Sicily, clay and metal items, magnificent architectural works such as the temple of Zeus, the Parthenon temple and the giant theater .
The famous Greek philosophy is to use logical or rational and systematic thinking methods. How to investigate natural phenomena to the smallest extent by scientific methods. This philosophy gives real results in science and social sciences. In addition, Greece is famous for its sports party on Mount Olympus which is now with an international Olympic sports party.
Furthermore, the development of science and technology in Greek civilization included:
1.      Making goods with clay as the basic material.
2.      Make a sailboat to sail the Mediterranean.
3.      Producing various architectural works.
4.      Developing industries to support trade.
5.      Creating metal objects such as war tools.

YELLOW RIVER VALLEY PEOPLE (221 BC)
During the Chou Dynasty, Chinese philosophy developed rapidly due to the birth of three Chinese philosophers, namely Lao Zi, Kong Fu Zi (Kong Hu Cu), and Mengzi. Lao Zi wrote his teachings in a book called Tao Te Ching. He upholds the spirit of justice and eternal and eternal prosperity called Tao. The teachings of Lao Zi are called Taoism and teach humans to accept fate. The teachings of Kong Fu Zi are also based on Taoism while the teachings of kong fu zi itself are called "Confucianism". According to Kong Fu Zi, Tao is the power that governs the universe until harmony is achieved. Taoists believe that the disasters that occur on earth are a result of human disobedience to Taoist rules. Kong Fu Zi also teaches to prioritize the traditions and habits of the ancestors, and promotes good morals. Kong Fu Zi's teachings, which cover the fields of government and family, have had such a profound influence on Chinese society because they have influenced the way of thinking and attitudes of most Chinese. According to Kong Fu Zi, the community consists of family and in the family of a father is the center. Therefore the king must rule well and wisely and the people must respect and obey the king as the father and son relationship should. If the emperor governs poorly, then the people have the right to rebel, so too if the emperor does not pay attention to the welfare of the people. Another case with Kong Fu Zi, Meng Zi who is a student of Kong Fu Zi teaches knowledge to ordinary people and according to his teachings, the people are the most important thing in a country.
Ancient Chinese society had many astronomers (astronomy) who could help the community in making dating systems. The development of astronomy is the basis of various activities of the life of the Chinese nation because the agricultural system, shipping, and other businesses require information about the change and turn of the seasons. The technological development of ancient Chinese society can be seen from the manufacture of trade goods such as minerals and their processed products in the form of household furniture, weapons, jewelry, and agricultural equipment. China is rich in minerals such as coal, iron, lead, gold, tungsten and copper.
China experienced glory during the Han Dynasty that succeeded in uniting China. During the Han Dynasty this paper was also found [ki].Besides that China has also been good at astronomy and arithmetic. During the reign of the Chin Dynasty there was progress in the agricultural system, at this time familiar with a good and neat irrigation system, fertilizer for fertilizing plants, setting the time for planting. In addition, they are also familiar with equipment and jewelry from gold, silver, bronze, iron and tungsten.

ROMAN SOCIETY (31-476 BC)
Roman scholars were not only as theoretical scholars, but also as executors of theories created by the Greeks. They do not accept empiricism passively but continue to be examined using scientific methods. The development of Science and Technology is growing rapidly, as follows: Knowledge of building art is very meritorious because those with serious research have succeeded in finding concrete to build buildings that are sturdy and strong. The development of civil engineering and architecture is very rapid, they have the knowledge and techniques of
making roads, bridges, waterways that still exist today. Knowledge in the field of law and state administration, knowledge in the military field, and knowledge in the field of government.
            The development of science and technology progressed during the Roman era, which is as follows:
1.      Knowledge of building art is very meritorious because they managed to find concrete to build a sturdy and strong building like a dome that forms half a ball.
2.      Knowledge and techniques for making roads, bridges, waterways, drainage in the city, which are still used today.
3.      Knowledge and ability to organize in the military field. Roman military terms are still used today such as legions, divisions, cavalry, and others.
4.      In the field of law the Romans already have norms of legal life that are based on the loyalty of citizens.
5.      Knowledge in the field of government. To achieve a successful level of governance, several joints such as the following are used.
1.      Concentration of power in the hands of the emperor.
2.      Central government regulations are adhered to in their implementation.
3.      Strict enforcement of security and order.
4.      Communication between the center and the regions is well maintained in the presence of good roads.
5.      Military organizational arrangements such as weaponry, discipline, and a loyal attitude to the state were instilled from the start.

INDUSTRIAL REVOLUTION :
At this time science is developing rapidly along with the advancement of science. Researches continue to be carried out for changes in order to improve the comfort and welfare of life. The industrial revolution is a term that marks a radical and rapid change in the development of human capabilities in creating work equipment to increase production output. The equipment used uses a conveyor belt or "running the belt" and is run by a mechanical engine. In addition to the support of large capital and cheap labor and extensive marketing areas. The industrial revolution is divided into 4 eras, that is:
1.      Industrial revolution 1.0
This period lasted around the end of the 18th century until the beginning of the 19th century. This era was marked by the mechanization of various activities and the shifting of agricultural activities to industrialization and manufacturing, especially in the British and European regions in general. This change began since the invention of the steam engine in the 1700s. During this time, steam engines continued to evolve from the simplest, to more efficient steam engines, James Watt discovered in 1776.
2.      Industrial revolution 2.0
This Development of Marker 4 Technological Innovations Period of the Industrial Revolution Held in 1870-1914, this era is also known as the period of science and mass production. Large quantities of production are driven by various technologies which shorten manufacturing activities. The findings of this period are the fruits of the application of science in an applicable manner. Technologies that are the foundation of the industrial revolution 2.0 period include:
1.      Start the discovery of new energy sources for electricity, gas and petroleum;
2.      The development of chemical synthesis which has an impact on the discovery of synthetic fabrics, dyes and chemical fertilizers;
3.      Telegrams and telephones shift the way humans communicate remotely;
4.      The invention of automobiles and aircraft in the early 20th century changed the way humans moved from one place to another;
5.      Conveyor belt technology which has triggered increased mass production.
3.      Industrial revolution 3.0
In the 3.0 industrial revolution, the manufacturing industry was no longer centered on people. This period is also called the era of digitization. Starting from the second half of the 20th century. The revolution is marked by various inventions, such as nuclear new energy and the following:
1.      The development of various electronic technologies such as semi-conductors, transistors, microprocessors, integrated chips that make smaller sized computers, such as home computers, laptops, and cellphones;
2.      Changing analog technology to digital form, for example in a music recorder that was originally a cassette to a CD;
These technologies triggered new discoveries in the field of biotechnology and space research; Industrial production arrived during the automation period so that human labor would no longer dominate. During this period, control of programmed logic, robotics and the internet was also found.
4.      Industrial revolution 4.0
The industrial revolution 4.0 arrived in plain sight. Every revolutionary period depends on the technological findings of the previous industrial revolution. Industrial Revolution 4.0, internet technology is growing. Various devices can be connected globally.
Sources:


  1. Burhanudin, Afid. (01 oktober 2019) Tentang Sejarah perkembangan ilmu pada masa yunani kuno. Diambil kembali dari : https://afidburhanuddin.wordpress.com/2014/05/17/sejarah-perkembangan-ilmu-pada-masa-yunani-kuno-8/
  2. Unknown. (29 september 2019) Tentang Sejarah peradaban sungai eufrat. Diambil kembali dari : https://www.materisma.com/2014/04/sejarah-peradaban-lembah-sungai-eufrat.html?m=0
  3. Unknown. (29 september 2019) Tentang Peradaban lembah sungai eufrat dan tigris. Diambil kembali dari :https://ensiklopediapribadi.wordpress.com/2013/04/21/peradaban-lembah-sungai-eufrat-dan-tigris/amp/
  4. Unknown. (29 september 2019) Tentang Peradaban lembah sungai kuning. Diambil kembali dari :https://ensiklopediapribadi.wordpress.com/2013/04/28/peradaban-lembah-sungai-kuning-cina/amp/
  5. Unknown. (01 oktober 2019) Tentang Perkembangan teknologi pada revolusi industi. Diambil kembali dari :https://tugassekolah.co.id/2017/05/ilmu-pengetahuan-dan-teknologi-pada.html
  6. Tim FMIPA. 2012. Sains Dasar. Surabaya: UNESA UNIVERSITY PRESS.

0 comments:

Post a Comment