Pages

Saturday, October 5, 2019

SCINCE AS PRODUCT (PRODUCT OF SCIENCE)
Penulis : Adhila Nur’aini W.P (180020084086)
Reviewer : Allbie,  Rachmah,  Samik

Abstract 
Definition of product in Cambridge Dictionary is (1) something that is made to be sold, usually something that is produced by an industrial process or, less commonly, something that is grown or obtained through farming; (2) a result obtained from experiencing something.
Science is a study of physical and natural world through observation and experiment. Science is something around us that exists and relates to our life, it is gained by organized research. Water we drink, food we eat, tools we use, and other events are based in science.

Keyword : product and science

Science as product (product of science) is concept, principle, and theory.  Product of science is obtained by observation result and can be emulated. Fact is a real  occurance that happens in common, for example, if you put water in a vessel, the water follows the shape of the vessel. Concept is a main idea of generalizing certain experience. Principle is a generalization includes relation of the cross concept.  Theory is a generalization of principles that link to each other and explain an event, for example the theory of evolution. Science as a product is an experiment of science conducting analitytical and empiric approach. Product of science is also obtained by conducting some scientific processes (science as a process). Science as a process is a way to produce something. There is brief explanation of ordinal ways to reach science as a product.
1. Observation
This activity uses our senses to anlyze event around us. We use our sense to see, watch, listen, taste, and smell something. There are two observations to do :
Qualitative observation
Quantitative observation

2. Clasification
This activity groups object based on their equation. For example, clasification of Kingdom Fungi.

3. Measuring
This activity compares the size of the objects with a certain unit measurement. For example, measuring length, weight, mass, and volum of an object.

4. Numeral usage
This activity includes addition, reduction, division, and organizing number.

5. Communication
Delivering fact, concept, principle, and theory by audio visual, audio, or visual way. Delivery can be showed as writing or table, picture, grafic, and etc. If analysts want to deliver the data in paper or journal, they have to choose proper words and good-making.

6. Interpretation
It is an activity to give meaning or definition of the object, such as explaining grafic or table. It is needed to explain the experiment result that haven’t clear explanation yet.

7. Prediction
Predict an event will happen after previous occurance that happened.

8. Using tools
A creativity to use tools in conducting experiment.

9. Experiment
It is a trial activity to check the idea of fact, concept, principe, and theory, so the scientist or the analysts get proper information.

10. Conclude
This is the last step in experiment, determining the situation of an object based on fact, concept, and principle.

Science as product is obtained by an analytic activity. Theory as a product of science can’t be used  anymore if there is rejection or refutation over the theory.








Abstrak 
Pengertian produk dalam Cambridge Dictionary adalah (1) sesuatu yang dibuat untuk dijual, biasanya di diproduksi oleh proses industri,  atau kurang umum, sesuatu yang tumbuh dan diperoleh dari pertanian, (2) hasil dari sesuatu.
Ilmu pengetahuan ilmiah adalah studi tentang fisik dan alam dunia dengan observasi dan percobaan. Ilmu pengetahuan ilmiah adalah sesuati yang ada di sekitar kita dan berhubungan dengan kehidupan sehari - hari kita, yang dapat diperoleh dengan penelitian secara tersusun. Air yang kita minum,  makanan yang kita makan,  dan peristiwa yang lainnya berdasar dengan ilmu pengetahuan ilmiah.

Kata kunci : ilmiah dan produk

Produk Ilmiah
Produk ilmiah adalah fakta, konsep, prinsip, dan teori ilmiah. Dasar pembentukan produk ilmiah berasal dari data hasil observasi dan dapat ditiru. Fakta merupakan pernyataan atau peristiwa yang benar adanya pada suatu benda, contohnya air merupakan zat cair yang ditaruh dalam wadah akan selalu mengikuti bentuk wadahnya. Konsep adalah ide atau gagasan yang digeneralisasikan dari pengalaman tertentu dan relevan. Prinsip adalah generalisasi yang meliputi kaitan antar konsep, tapi prinsip lebih tinggi daripada konsep. Teori adalah generalisasi prinsip – prinsip ilmiah yang berkaitan dan menjelaskan gejala suatu kejadian, contohnya teori evolusi yang dicetuskan oleh beberapa ilmuwan. Produk ilmiah merupakan hasil pengamatan yang analitis dan empiris (secara fakta). Untuk mendapatkan produk ilmiah, para ilmuwan melakukan kegiatan yang disebut dengan proses ilmiah . Proses ilmiah menyangkut proses atau cara kerja untuk menghasilkan suatu produk. Ketrampilan yang dibutuhkan dalam melakukan proses ilmiah, antara lain :
1.Mengamati atau mengobservasi
Kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan alat indera. Pengamat menggunakan salah satu atau beberapa alat indera untuk mengamati kejadian yang mereka lihat, dengar, rasa, raba, dan cium. Contoh :
Pengamatan kualitatif
Pengamatan kuantitatif

2. Klasifikasi
Ketrampilan dalam memilah objek bedasar dengan persamaan sifat. Contoh : klasifikasi beberapa jenis jamur untuk  mengetahui kelompoknya dalam Kingdom Fungi.

3. Mengukur
Kegiatan untuk membandingkan ukuran suatu benda dengan ukuran satuan tertentu yang  ditetapkan sebelumnya. Contohnya pengukuran panjang, berat, massa, dan volume objek.

4. Penggunaan bilangan
Katrampilan ini meliputi penjumlahan, pengurangan, pembagian, dan penyusunan bilangan.

5. Mengkomunikasikan
Menyampaikan fakta, konsep, prinsip, dan teori ilmiah dalam bentuk audio, visual, dan audio visual. Penyampaian dapat disajikan dalam bentuk tulisan atau sajian berupa tabel, grafik, gambar, dan lain – lain. Jika disajikan dalam bentuk tulisan, maka menggunakan susunan kata yang tepat.

6. Menginterpretasi  atau menginterferensi
Ketrampilan untuk memberi pengertian pada data yang telah diperoleh, seperti mengartikan grafik atau tabel. Hal ini diperlukan untuk menjelaskan pengamatan yang maknanya belum diketahui sebelum diadakan penjelasan.

7. Memprediksi
Menduga sesuatu yang akan terjadi berdasarkan peristiwa atau fakta yang telah terjadi.

8. Menggunakan alat
Ketrampilan dalam memaki alat untuk pengujian atau eksperimen

9. Melakukan percobaan
Kegiatan ini merupakan pengujian terhadap ide dari fakta, konsep, dan prinsip, sehingga dapat memperoleh informasi dari ide – ide yang diuji. Contoh :  percobaan pengaruh massa jenis air terhadap benda yang masuk ke air.

10. Menyimpulkan
Ketrampilan ini merupakan tahap yang terakhir dalam proses pengamatan. Menentukan keadaan objek pengamatan berdasar fakta, konsep, dan prinsip.

Produk ilmiah yang berupa konsep, prinsip, dan teori merupakan hasil dari kegiatan analitik. Produk ilmiah berupa teori juga dapat tidak digunakan lagi jika ada sanggahan atau tolakan yang jelas terhadap teori tersebut.




Sumber :
Tim FMIPA. 2012. Sains Dasar. Surabaya: UNESA UNIVERSITY PRESS.
https://study.com/academy/lesson/what-is-science-definition-topics-branches.html
https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/product
https://www.academia.edu/11483504/Hakikat_IPA_sebagai_Proses_produk_dan_sikap_ilmiah
https://www.academia.edu/8460292/SAINS_SEBAGAI_PROSES_PRODUK_DAN_TATA_NILAI_ILMIAH
https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://eprints.uny.ac.id/9723/2/BAB%25202-08108244130.pdf&ved=2ahUKEwi1843y5_TkAhUIpI8KHUarBQgQFjAFegQIBhAC&usg=AOvVaw10mgru8Hv06NhzCgEDFskR









1 comment:

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    ReplyDelete